Senin, 15 Februari 2016

KOTA PALEMBANG

KOTA PALEMBANG

Kota Palembang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan denga luas wilayah 400,61 km2 berpenduduk 1.394.954 jiwa. Wilayah kota Palembang terbagi atas 16 kecamatan dan 107 kelurahan (Palembang dalam angka 2008)
Kota Palembang merupakan kota tertua diindonesia. Berbagai peninggalan sejarah dan kepurbakalaan terdapat dikota Palembang, antara lain yang berhubungan dengan Kerajaan Sriwijaya separti situs karang anyar, prasasti kedukan bukit, prasasti telaga batu, dan prasasti talang tuo, peninggalan sejarah yang berkaitan dengan kesultanan Palembang darusalam separti benteng kuto besak, masjid agung, dan komplek makam kesultanan Palembang/makam kawah tengkurep, dan kantor walikota Palembang merupakan bangunan peninggalan zaman colonial yang dibangun pada tahun 1928, serta goa bekas pertahanan tentara jepang yang terdapat dikawasan ario kemuning dan dibagian halaman belakang komplek RSRK charitas.

Dipalembang juga terdapat peninggalan agama hindu, seperti situs candi angsoka, aca ghanesha, arca siwamahadewa, arca wisnu diatas garuda, siwa diatas wahana dan arca brahma, kesemua arca tersebut disimpan dimuseum nasional dan terdapat replica dari arca tersebut di Museum Sriwijaya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar