Jumat, 12 Februari 2016

PRASASTI-PRASASTI TINGGALAN SRIWIJAYA



PRASASTI-PRASASTI TINGGALAN SRIWIJAYA

Prasasti (inscription) ialah sumber-sumber sejarah dari masa lampau yang tertulis di atas batu atau logam. Prasasti-prasasti keluaran Kerajaan Sriwijaya sedikitnya sudah diketahui enam belas buah yang tersebar di berbagai wilayah, baik di Indonesia maupun di luar Indonesia. Persebaran prasasti tersebut membuktikan luasnya kekuasaan Kerajaan Sriwijaya pada masa itu.

Temuan prasasti terbanyak terdapat di wilayah Sumatera Selatan, yaitu Kedukan Bukit, Telaga Batu, Talang Tuwo, Kota Kapur, Boom Baru, Swarnapattra, Kambang Uglen, prasasti Siddhayatra, prasasti Bukit Siguntang, dan lima buah fragmen prasasti.
Di wilayah Provinsi  Lampung ditemukan dua prasasti yaitu prasasti Bungkuk dan Palas Pasemah, sedangkan di wilayah Jambi ditemukan prasasti Karang Berahi.

Selain di wilayah Indonesia prasasti Sriwijaya juga ditemukan di Thailand yaitu Prasasti Ligor dan di India  yaitu Prasasti Nalanda. 

Berdasarkan isinya, prasasti-prasasti tersebut dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu (1) prasasti persumpahan atau kutukan, (2) prasasti peringatan,  dan (3) prasasti  keagamaan. Prasasti persumpahan atau kutukan merupakan isi prasasti-prasasti tinggalan Sriwijaya yang dominan dan penting. Prasasti-prasasti itu adalah Telaga Batu, Kota Kapur, Boom Baru, Palas Pasemah, Bungkuk, dan Karang Berahi. Sedangkan prasasti peringatan yaitu Kedukan Bukit dan Talang Tuo.






Add caption



Tidak ada komentar:

Posting Komentar